Categories:
gita

Mengenal Asri Gita (Forum Indonesia Muda 16)

ASRI GITA – Gadis berdarah sumatera kelahiran Palembang ini merasa beruntung telah mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah kota Palembang untuk menyelesaikan studi S1 di Tangerang, bukan hanya untuk mengenyam pendidikan tetapi juga mengeksplor diri menjajaki kultur di tempat yang berbeda. Jauh dari orangtua tak menjadikan itu sebagai kesempatan untuk berleha-leha, tetapi komitmen untuk kembali pulang membangun daerah dengan mengabdi dan membawa kebermanfaatan. Berada di kampus STKIP Surya yang terbilang baru tak menghalangi Gita untuk aktif terlibat dalam beberapa kegiatan karena “Kampus ternama atau bukan, yang paling penting adalah kebermanfaatan kita di dalamnya dengan menghidupkan dan mengharumkan almamater”.

Sedikit berbagi pengalaman, tahun 2014 Gita menjabat sebagai ketua kaderisasi Rekreasi Unik Belajar Matematika dan Sains (Rubiks). Selama aktif di Rubiks telah memberikan kesempatan untuk terlibat dalam kepanitiaan beberapa kompetisi matematika diantaranya American Mathematics Competition dan International Mathematical Kangaroo Contest yang diadakan oleh Surya Institute. Saat ini Gita mendapatkan amanah di Forum Indonesia Muda regional Jadetabek sebagai bendahara FIM Dejapu dan menjabat sebagai wakil gubernur matematika STKIP Surya.

Prioritas lainnya adalah mengurus Sanggar Kreasi Matematika (S-KRIM). S-KRIM sebagai rumah belajar untuk menanamkan ketertarikan matematika kepada anak-anak. “Matematika tidak selamanya menakutkan dan membosankan, banyak cara untuk PDKT dengan matematika bisa dengan bermain, bernyanyi, dan lain-lain”. Perjalanan membangun S-KRIM ini tentunya tak lepas dari kolaborasi bersama beberapa alumni FIM yang satu visi untuk mengabdikan diri ke masyarakat terutama berkontribusi untuk bidang Pendidikan. Selain itu, Gita juga terlibat sebagai kontributor dalam penulisan buku Mengenal Matematika Lebih Dekat bersama dosen dan rekan lainnya.

Selain aktif berorganisasi, pengalaman kerja juga sudah dirasakan oleh Gita. diantaranya adalah mengajar dan menjadi freelance di Badan Pusat Statistik Tangerang. Jalan-jalan dan kecintaan kepada kuliner menjadi hobi sebagai bayaran pelepas kepenatan aktifitas. Kesukaan terhadap budaya Jepang juga telah dibuktikan dengan menciptakan suatu karya seni pernak-pernik jepang berbahan daur ulang yang berhimpun di Futsuu na Gakusei Store.

Sebanyak apapun keterlibatan dalam organisasi dan aktifitas lainnya, kuliah tetap nomor satu! Intinya kembali lagi ke prioritas teman-teman, hal apa yang ingin didahulukan. Lebih baik jika setiap malam sebelum tidur kita membuat timeline kerja mengenai hal apa yang akan dilakukan esok hari, buat mind-map atau kalender pribadi untuk memperjelas aktifitas selanjutnya. Semangat kiki emotikon

Asri Gita – Alumni FIM 16