Categories:
iin

Sekilas Tentang In Amullah
FIM 17, Relawan Sekolah Guru Indonesia (SGI) Dompet Dhuafa

Nama asliku adalah Iin Amrullah (tapi tertulis di akte menjadi In Amullah). Aku akrab disapa dengan panggilan Iin dan memiliki nama pena yaitu Kang Amroelz. Aku lahir di Tegal, 27 Agustus 1990. Aku merupakan anak ketiga dari 4 bersaudara, tapi kedua kakaknya sudah meninggal. Jadi sekarang hanya mempunyai seorang adik yang sedang duduk di bangku SMA. Walaupun ayahku hanya lulus SD dan ibu juga tidak lulus SD, tapi aku mendapatkan didikkan orangtua yang sangat bagus, terutama pendidikan agama. Orangtuaku mengajarkanku untuk selalu bangun pagi lalu sholat shubuh, menyapu halaman, merapikan rumah dan mencuci piring setiap kali habis makan adalah pendidikan rumah yang aku dapatkan dari kedua orangtuaku. Saat aku bersekolah dasar di Madrasah Ibtidaiyah (setingkat SD), siang harinya aku juga sekolah nonformal di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA), sore hari Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) dan malam hari selepas maghrib aku mengaji lagi di rumah paman. Selama MI (SD) dari kelas 1-6 aku menjadi ketua kelas dan meraih juara 1 di kelasnya.

Lulus dari MI, aku melanjutkan di MTs (MadrasahTsaawiyah) masih di desa sendiri. Saat MTs aku juga pernah menjadi ketua OSIS dan ketua Pramuka. Sejak MTslah aku mulai aktif berkecimpung di dunia organisasi. Baru setelah lulus MTs, aku merantau ke kota lain yaitu ke Pemalang. Di tempat perantauan menimba ilmu ini aku mengenyam pendidikan SMA di SMAN 3 Pemalang dan pada saat bersamaan juga aku menjadi santri dalam sebuah pesantren yang ada di Pemalang. Jadi, pagi sekolah di SMA, siang sekolah non-formal di Madrasah Diniyah Wustho di pesantrenku dan sore hingga malam kegiatan di pesantren. Waktu SMA aku tidak aktif berorganisasi di SMA, tapi aku aktif di kegiatan pesantren seperti menjadi instruktur senam tiap hari minggu, menjadi ketua bilik (kamar), menjadi ketua panitia dalam kegiatan pesantren dan hingga akhir wisuda pesantrenku, aku meraih prestasi sebagai “Santri Terbaik Putra Madrasah Diniyah Wustho”.

Lulus SMA, aku melanjutkan kuliah di Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman. Sejak awal kuliah aku sudah menekadkan diri untuk aktif di organisasi, meraih prestasi dan akademik yang seimbang. Aku aktif di organisasi tingkat fakultas yaitu LDF (Lembaga Dakwah Fakultas) UKMI, tingkat universitas yaitu LDK (Lembaga Dakwah Kampus) UKKI Unsoed dan Racana Soedirman (Pramuka) dan organisasi ekstra kampus yaitu IKAHIMBI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia) mulai dari pengurus wilayah propinsi hingga pengurus pusat (nasional). selain itu, aku juga menjadi asisten praktikum sejak semester 4 hingga lulus kuliah. Asisten praktkum ini untuk mata kuliah yang ada di internal Fakultas Biologi dan juga beberapa fakultas lain. Waktu masih kuliah juga aku pernah terlibat dalam kegiatan social mendampingi TPQ anak-anak jalanan yang ada di daerah Purwokerto. Selain aktif di organisasi dan asisten praktikum, aku juga beberapa kali meraih prestasi ketika di kampus.

Penghargaan atau prestasi yang pernah diraih diantaranya:

1. Juara 2 Lomba Menulis Surat “Jika Aku Menjadi Lingkungan” LPM BIOMA tingkat Fakultas Biologi Unsoed (2010)
2. Juara 1 LCT Islamic Fair UKI Kesmas-Khalifa Farmasi-Medis Keperawatan tingkat Universitas Jenderal Soedirman (2010)
3. Juara 1 LKTI HMJM Fakultas Ekonomi tingkat Universitas Jenderal Soedirman (2011)
4. Juara 3 Karya Tulis Ilmiah Call for Paper Communication Student Summit Universitas Airlangga Surabaya, tingkat nasional (2011)
5. Finalis Lomba Karya Tulis Penunjang PIMNAS XXIV Universitas Hasanuddin Makassar bidang Kemaritiman (2011)
6. Finalis Lomba Karya Tulis Call for Paper Youth Power UGM Yogyakarta (2011)
7. Juara 3 mahasiswa berprestasi tingkat Fakultas Biologi Unsoed (tahun 2011)
8. Juara 2 mahasiswa berprestasi tingkat Fakultas Biologi Unsoed (tahun 2012)
9. Juara 2 Karya Tulis Ilmiah Tulisan Untuk Negeri (Subtema Pendidikan) dalam Konferensi Ilmuan Muda Indonesia (KIMI) FMIPA Universitas Indonesia (tahun 2012)
10. Pengurus Terbaik UKKI 2012 dalam “Pengurus Award UKKI Unsoed Periode 2011-2012”
11. Lolos seleksi PKM-AI 2012 didanai oleh DIKTI dengan judul “Potensi Azospirillum sp. sebagai Biofertilizer di Lahan Pasang Surut”
12. Pemakalah dalam Seminar Nasional Hasil Perikanan dan Kelautan X Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (tahun 2013)
13. Finalis Leadership Award dalam acara Leadership Camp The New You Institute (tahun 2013)

Selain itu, karena aku memiliki hobi membaca, menulis dan travelling. Aku juga memiliki beberapa karya antologi buku yang sudah terbit, diantaranya: Cinta Membaca (Leutika Prio, 2012), Resolusi Hebatku (Leutika Prio, 2012), Perempuanku (Surat Cinta untuk Ibu), (Puput Happy Publishing, 2012), Yang Terabaikan (Nulisbuku.com, terbit Mei 2012), Stories of Tegal Laka-Laka (deKa Publishing, 2012), Tas, Buku dan Sepatu (Penerbit Awan Pustaka, 2012) dan “Kepada Ayah” (Penerbit Harfeey, 2013). Antologi buku tersebut merupakan buah prestasinya memenangkan beberapa event menulis dari berbagai ajang.

Lulus dari kuliah aku sempat menjadi guru ekskul sains dan guru pramuka di SD IT Harapan Bunda Purwokerto. Pada saat yang bersamaan aku juga menjadi tentor Bimbel Rumah Funtastic dan sempat merintis PAUD “Bee Kids”. Tak lama kemudian aku diterima lolos bergabung bergabung dengan Sekolah Guru Indonesia (SGI) – Dompet Dhuafa. Selama di SGI-DD aku menjadi Presiden KM Hexagonal SGI Angkatan VI dan menjadi Team Leader SGI Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara selama menjalankan masa tugasnya selama 1 tahun. Selama menjalankan tugas pengabdiannya di Maluku Utara, beberapa tulisannya pernah dimuat di media cetak maupun media online, seperti Malut Post, Posko Malut, Radar Halmahera, Fajar Malut, Mata Publik, Kantor Berita Pendidikan dandakwatuna.com. Pada masa 6 bulan menjalankan tugas, aku mendapatkan prestasi sebagai penulis terproduktif dan meraih juara 1 menulis untuk SGI angkatan VI. Beberapa hari setelah aku dinyatakan lolos sebagai peserta FIM-17, aku juga kembali meraih prestasi yaitu Juara 1 Menulis Blog untuk Guru dan Orangtua Blogger dengan tema mendidik dengan cinta.

Saat ini aku sudah memasuki purnama ke-12 dalam menjalankan tugas pengabdianku di ujung negeri Maluku Utara. Pasca penempatan SGI aku berencana melanjutkan S2 ke Jepang. Sambil persiapan beasiswa aku akan kursus Bahasa Inggris dulu dan juga akan menjadi trainer untuk pelatihan guru dan training motivasi untuk siswa di sekolah-sekolah yang ada di kampung tempat tinggalku.

Jika teman-teman ingin mengenal lebih dekat atau mau berkolaborasidenganku, bisa hubungi email: kang.amroelz@gmail.com dan blognya: www.amroelz-aldjaisya.blogspot.com