Categories:
daka

DAKA DAN MIMPINYA TENTANG PASAR LAUT

Telkom University, Forum Indonesia Muda Angkatan 17

Nama lengkap saya Indraka Fadhlillah atau biasa dipanggil Daka.

Saya lahir di Pekalongan 22 tahun lalu, kecil di Jakarta dan besar di Bandung, tapi dari SD kelas 1 sudah di Bandung, jadi memang orang Sunda asli karena kebetulan juga ibu asli Sunda.

Saya anak ke 6 dari 6 bersaudara yang kebetulan kakak saya perempuan semua.

Sekarang saya masih berkuliah tingkat akhir di Telkom University jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) angkatan 2011.

Dari SD saya lebih menyukai olahraga, dari sepakbola, kasti, sampai basket, sampai di saat SMA di SMA 6 Bandung saya dipilih sebagai kapten dan ketua basket SMA

Saat berkuliah memang saya masih aktif di unit kegiatan basket di kampus namun alhamdulillah disini titik pertama saya memulai organisasi tepatnya di semester 3, saya ikut unit kegiatan mahasiswa (UKM) SEARCH yaitu salah satu ukm terbaik yang ada di kampus saya.

Search ini UKM yang menaungi teman2 seluruh kampus dalam bidang riset maupun lomba, baik pendelegasian teman-teman kampus ke luar maupun penyelenggaraan lomba internal yang diadakan dalam skala nasional. Nah, kebetulan kemarin Eko FIM 17 ikut acaranya grin emotikon

Selama 2 tahun saya ada di dalam UKM ini. Alhamdulillah saya juga terpilih sebagai presiden Search periode 2013-2014 untuk bisa memimpin. Saat itu ada 1.231 anggota search yang ada di kampus saya.

Selain itu, search pun mengenalkan saya kepada orang-orang yang luar biasa di kampus yang juga alumni FIM yang mengajak saya untuk ikut masuk ke dalam FIM.

Selain itu, di UKM Search ini pula yang membuat saya mengenal puluhan mahasiswa-mahasiswa hebat di seluruh Indonesia, karena Dr UKM ini saya bisa dapat berkesempatan menjadi delegasi kampus dalam berbagai lomba baik lomba simulasi bisnis, debat marketing, paper, business plan, finance trading di berbagai universitas baik skala nasional maupun se internasional.

Alhamdulillah dari sini juga saya dapat kesempatan mendapatkan berbagai prestasi seperti:
– Finalist National debat marketing Imotion UI 2014
– Finalist Indonesia Business Festival IPB 2014
– Finalist simulasi bisnis SIMBIZ Asia 2013,2015 Binus International
– Finalist business plan MSC 2014 UNY Yogya, Univation 2014 Unpad
– Juara 1 Indonesia Student Entrepreneurship Award ISEA 2015 Univ Andalas Padang
– Juara 1 Klikstart Business Bandung Technopark

Dan dari sana lah yang juga bisa mengantarkan saya bisa masuk kedalam bagian keluarga FIM, disini adalah kesempatan yang luar biasa dimana saya bisa melihat orang-orang yang lebih luarbiasa yang dapat memotivasi saya untuk menjadi mahasiswa atau pemuda yang berbeda

Di akhir status saya sebagai mahasiswa ini (yang sedang mengejar sidang akhir), alhamdulillah saya beserta 2 rekan saya memiliki dan membuat startup bisnis di tanggal 20 Maret 2015 kemarin. Startup bisnis kami yaitu integrated digital solution& ecommerce marketplace hasil laut yang kami beri nama pasarlaut.com.

Ide yang awalnya dari perlombaan ini akhirnya kami putuskan utk mengimplementasikan nya dan menjadikan nya mimpi besar sebagai sosio-techno business yang dapat mendigitalisasi koperasi dan mensejahterakan nelayan di Indonesia.

Alhamdulillah ide ini pun setelah kami pitching pada investor, ide bisnis kami lolos di program indigo incubator PT. Telkom Indonesia yang alhamdulillah dapat menyisihkan sekitar 600 startup terpilih lainnya seluruh Indonesia. Sehingga alhamdulillah pada Agustus 2015 kemarin bisnis kami pasarlaut.com resmi di investasi oleh PT. Telkom Indonesia dengan juga kami mendapatkan kantor di gedung idec di Bandung, mendapat mentor dan juga koneksi ke berbagai pihak yang terkait dengan bisnis kami.

Selama menjalani bisnis ini kami juga menjuarai lomba hackathon yang di adakan code4nation di istana negara, dan alhamdulillah mendapat kesempatan presentasi di depan RI 1 Pak jokowi serta di kesempatan kedua dapat berkesempatan berdiskusi satu meja di istana bersama Pak Jokowi dan 4 mentri terkait lainnya untuk membicarakan dan mensolusikan masalah-masalah berbagai komoditas di Indonesia.

Alhamdulillah menteri Susi juga menginstruksikan untuk melanjutkan project kami ini.

Jalasveva Jayamahe!
Di laut kita Jaya!